Cara Mengetahui Kalimat Tanggapan dan Kritik

Kalimat Tanggapan dan Kritik
Cara Mengetahui Kalimat Tanggapan dan Kritik

  • Pendapat dapat berupa tanggapan, kritik, dan sanggahan. Tanggapan adalah sambutan, komentar, atau penilaian. Logis berarti benar menurut penalaran atau masuk akal. Tanggapan positif adalah kritik atau saran yang diterima langsung oleh panca indera yang bersifat nyata dan membangun.
  • Kritik merupakan ungkapan penilaian seseorang terhadap sesuatu hal, kejadian, peristiwa, dan lain-lain. Kritik yang bersifat membangun. Akan tetapi, banyak juga yang bersifat negatif. Kritik negatif tidak berbeda dengan celaan. Di samping itu, kritik yang membangun dapat dikatakan sebagai saran.
  • Perbedaan antara kritik dan saran terletak nada cara penyampaiannya. Kritik biasanya disampaikan dengan kata-kata. gaya, dan nada yang lebih tajam daripada saran. Kritik juga dapat disampaikan untuk memberi komentar pada isi ataupun gaya pidato, khotbah, atau ceramah. Kritik secara lisan dapat disampaikan baik secara langsung dalam suatu forum, misalnya forum tanya iawab setelah selesai menyampaikan orasi, maupun secara tidak langsung, misalnya dalam forum/kesempatan yang berbeda.
  • Sanggahan adalah bantahan atau pendapat yang berbeda dengan pendapat yang diungkapkan penyaji dalam diskusi.
SYARAT KALIMAT SANGGAHAN: 
1). Logis, yaitu sesuai dengan permasalahan dan disertai dengan alasan yang tepat
2). Tidak menyinggung perasaan orang lain
  • Sanggahan dapat dilakukan baik dalam forum resmi maupun tidak: resmi. Forum tersebut dapat berbentuk diskusi, debat, simposiurn, pelatihan, dan sebagainya. Sanggahan dapat dilakukan dengan cara yang sopan dan tepat sasaran. Hal ini penting mengingat pada umumnya sanggahan bernilai negatif sehingga dapat memancing emosi pihak yang disanggah.
Cara Cepat Menentukan Kalimat Kritik
Di dalam kalimat kritik biasanya ditemukan kata-kata seperti sebaiknya, seharusnya, lebih baik.

SOAL DAN PEMBAHASAN

Bacalah paragraf berikul!
Banyak bank melakukan promosi untuk. menarik nasabah, salah satunya adalah Bank Executive. Untuk menjaring nasabah, bank itu menawarkan berbagai macam produk disertai iming-iming hadiah langsung yang menarik. Alhasil, dalam pameran yang dilakukan di dua tempat, bank ini dapat menjaring 80 nasabah baru.

Kritik yang tepat terhadap bacaan tersebut adalah ....
a. Masyarakat sudah memiliki kesadaran untuk menabung
b. Untuk menjaring nasabah, memang bank melakukan promosi
c. Kalau tidak rnengikuti pameran, bank kesulitan mendapat nasabah baru
d. Pihak bank harus menjamin keamanan dana nasabah bukan hanya iming-iming

Pembahasan:
Kritik adalah kecaman atau tanggapan. kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan tentang baik atau buruknya suatu hasil, karya, pandapat dan sebagainya.
Jawaban : b

0 Response to "Cara Mengetahui Kalimat Tanggapan dan Kritik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel