PRINSIP DAN METODIK KEPRAMUKAAN
Prinsip Dasar dan Metodik Kepramukaan
Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan merupakan
prinsip yang digunakan dalam pendidikan kepramukaan, yang membedakannya dengan
gerakan pendidikan lainnya.
Baden-Powell sebagai penemu pendidikan
kepramukaan telah menyusun prinsip-Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan dan
menggunakannya untuk membina generasi muda melalui pendidikan kepramukaan.
Beberapa prinsip itu didasarkan pada kegiatan anak atau remaja sehari-hari.
Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan itu harus
diterapkan secara menyeluruh. Bila sebagian dari prinsip itu dihilangkan, maka
organisasi itu bukan lagi gerakan pendidikan kepramukaan.
Dalam Anggaran dasar Gerakan Pramuka
dinyatakan bahwa Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan ialah :
I. Prinsip Dasar
1. Prinsip Dasar Kepramukaan adalah :
a. iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
b. peduli terhadap bangsa dan tanah air,
sesama hidup dan alam seisinya;
c. peduli terhadap diri pribadinya;
d. taat kepada Kode Kehormatan Pramuka.
2. Prinsip Dasar Kepramukaan sebagai norma
hidup seorang anggota Gerakan Pramuka, ditanamkan dan ditumbuhkembangkan
melalui proses penghayatan oleh dan untuk diri pribadinya, bagi pesertadidik
dibantu oleh pembina, sehingga pelaksanaan dan pengamalannya dilakukan dengan
penuh kesadaran, kemandirian, kepedulian, tanggungjawab serta keterikatan
moral, baik sebagai pribadi maupun anggota masyarakat.
3. Menerima secara sukarela Prinsip Dasar
Kepramukaan adalah hakekat pramuka, baik sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa,
makhluk sosial, maupun individu yang menyadari bahwa diri pribadinya :
a. mentaati perintah Tuhan Yang Maha Esa dan
beribadah sesuai tata-cara dari agama yang dipeluknya serta menjalankan segala
perintahNya dan menjauhi laranganNya.
b. mengakui bahwa manusia tidak hidup sendiri,
melainkan hidup bersama dengan mahkluk lain yang juga diciptakan oleh Tuhan
Yang Maha Esa, khususnya sesama manusia yang telah diberi derajat yang lebih
mulia dari mahkluk lainnya. Dalam kehidupan bersama didasari oleh prinsip peri
kemanusiaan yang adil dan beradab.
c. diberi tempat untuk hidup dan berkembang
oleh Tuhan Yang Maha Esa di bumi yang berunsurkan tanah, air dan udara yang
merupakan tempat bagi manusia untuk hidup bersama, berkeluarga, bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara dengan rukun dan damai.
d. memiliki kewajiban untuk menjaga dan
melestarikan lingkungan sosial serta memperkokoh persatuan, menerima
kebhinnekaan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
e. memerlukan lingkungan hidup yang bersih dan
sehat agar dapat menunjang/ memberikan kenyamanan dan kesejahteraan hidupnya.
Karena itu manusia wajib peduli terhadap lingkungan hidupnya dengan cara
menjaga, memelihara dan menciptakan lingkungan hidup yang baik.
II. Metode Kepramukaan
1. Metode Kepramukaan merupakan cara belajar
progresif melalui :
a. pengamalan Kode Kehormatan Pramuka;
b. belajar sambil melakukan;
c. sistem berkelompok;
d. kegiatan yang menantang dan meningkat serta
mengandung pendidikan yang sesuai dengan perkembangan rohani dan jasmani
pesertadidik;
e. kegiatan di alam terbuka;
f. sistem tanda kecakapan;
g. sistem satuan terpisah untuk putera dan
untuk puteri;
h. sistem among.
2. Metode Kepramukaan pada hakekatnya tidak
dapat dilepaskan dari Prinsip Dasar Kepramukaan. Keterkaitan itu terletak pada
pelaksanaan Kode Kehormatan.
3. Metode Kepramukaan sebagai suatu sistem,
terdiri atas unsur-unsur yang merupakan subsistem terpadu dan terkait, yang
tiap unsurnya mempunyai fungsi pendidikan yang spesifik dan saling memperkuat
serta menunjang tercapainya tujuan.
0 Response to "PRINSIP DAN METODIK KEPRAMUKAAN"
Post a Comment