PRINSIP DASAR GERAKAN PALANG MERAH DAN BULAN SABIT MERAH INTERNASIONAL

Gerakan  Palang  Merah  dan  Bulan Sabit Merah mempunyai dasar dan tujuan   yang   sama   dalam pengabdiannya.

Dalam  menjalankan misinya Gerakan tidak  boleh   terpengaruh   oleh kepentingan  apapun.  Oleh  karena  itu sangat  diperlukan  adanya  prinsip dasar yang dapat dijadikan pedoman dan  landasan  moril  bagi  kehidupan organisasi yang diakui dan dihormati secara  internasional.  Pada  tahun 1921,  Komite  Internasional  Palang Merah atau ICRC  mencoba menyusun Prinsip  Dasar  yang  dirasa  perlu sebagai dasar dalam setiap tindakan gerakan. Teks  inilah  yang  menjelma menjadi   prinsip - prinsip   dasar Gerakan  Palang  Merah  dan  Bulan Sabit  Merah  Internasional  yang diproklamirkan  dalam  konferensi internasional  Palang  Merah  dan  Bulan Sabit  Merah  Internasional  di  Wina Austria  tahun  1965,  yaitu:






·         KEMANUSIAAN,
·         KESAMAAN,
·         KENETRALAN,
·         KEMANDIRIAN,
·         KESUKARELAAN,
·         KESATUAN  dan
·         KESEMESTAAN.




KEMANUSIAAN
Perhimpunan Nasional didirikan berdasarkan keinginan untuk memberikan pertolongan tanpa membedakan korban yang terluka dan menumbuhkan saling pengertian.

KESAMAAN
Pertolongan yang diberikan tujuannya untuk mengurangi penderitaan manusia sesuai dengan kebutuhannya dan mendahulukan keadaan yang paling parah.

KENETRALAN
Agar setiap saat mendapat kepercayaan dari semua pihak, Perhimpunan Nasional tidak melibatkan diri dalam pertentangan, maupun memihak.

KEMANDIRIAN
Perhimpunan Nasional disamping membantu pemerintahannya menolong sesama manusia tidak melanggar peraturan negaranya, namun menjaga supaya tetap mandiri.

KESUKARELAAN
Faktor utama kesukarelaan adalah bahwa pelaksanaan bantuan bukanlah dengan keinginan untuk memperoleh keuntungan finansial namun dengan komitmen pribadi dan kesetiaan terhadap tujuan kemanusiaan.

KESATUAN
Prinsip kesatuan secara khususnya berhubungan dengan struktur intitusi dari Perhimpunan Nasional. Peraturan pemerintah biasanya menyatakan bahwa perhimpunan tersebut merupakan satu-satunya perhimpunan nasional yang dapat melaksanakan kegiatan gerakan di negaranya
-      hanya boleh ada satu perhimpunan nasinal di suatu negara
-      tidak ada diskriminasi dalam perekrutan anggota
-      melakasanakan tugas kemanusiaan di seluruh wilayahnya

KESEMESTAAN
Setiap perhimpunan Nasional mempunyai hak dan tanggung jawab yang sama dalam menolong sesama manausia. setiap perhimpunan nasional  memiliki satu suara, kesaman status dan hak dalam gerakan
-      Semua himpunan Nasional mempunyai status yang setara.
-      Tanggung jawab dan kewajiban yang sama dalam membantu satu sama lain, meliputi seluruh dunia.
-      Status dan hak dari himpunan nasional memiliki satu suara. hal mana melarang pemberian hak suara istimewa maupun kursi tetap kepada perhimpunan nasional tertentu.

Selanjutnya kita juga akan mengenal tentang

1. Kepemimpinan
Teman-teman akan belajar kepemimpinan. Nantinya, dari pengetahuan yang didapatkan, diharapkan teman-teman dapat menjadi contoh yang positif bagi teman-teman lainnya sehingga mereka juga bisa menjadi lebih baik, atau bahkan menjadi yang terbaik. Selain itu juga menjadi peduli dengan teman, kreatif dan pandai bekerjasama dengan siapapun.

2. Pertolongan Pertama
Memberikan pertolongan pertama tidak hanya dibutuhkan pada saat terjadi kecelakaan dijalan raya, tetapi teman-teman juga bisa melakukannya kapan saja jika dibutuhkan. Misal ketika tangan kakak teriris pisau, adek demam sedangkan Bapak/Ibu tidak ada dirumah. Kira-kira apa ya yang dapat teman-teman lakukan? Dengan belajar pertolongan pertama teman-teman akan membangun karakter yang peduli dan mampu memberikan pertolongan pertama kepada keluarga dirumah dan teman-teman disekolah. Oh iya, kita bisa membantu teman-teman yang sakit disekolah melalui UKS.

3. Remaja Sehat Peduli Sesama
Apakah teman-teman sudah merasa bersih dan sehat? Bagaimana rasanya punya kakek-nenek angkat di panti jompo? Apa saja kandungan gizi makanan kita hari ini? Membantu pos yandu? Merawat adik yang sedang demam? Y uk kita cari tahu tentang Remaja Sehat Peduli Sesama.

4. Siaga Bencana
Apa yang bisa kita lakukan sebelum musim hujan? Mengapa kita harus menjaga kelestarian hutan? Apakah yang dapat kita lakukan bagi teman-teman kita yang terkena bencana? Menghibur? Bagaimana caranya…? Gampang aja, lewat PMR teman-teman akan mempelajarinya..kok.

5. Kesehatan Remaja
Kok suaraku berubah ? Kok aku masih “ngompol” yah? Di PMR kita bisa mencari tahu mengapa itu semua terjadi. Dengan mengetahui semua serba-serbi tentang kesehatan reproduksi kita bisa hidup lebih sehat.

6. Donor Darah

Waktu kakak sakit, Ayah perlu darah untuk kakak, untuk apa ya? Siapa aja yang bisa menyumbangkan darahnya? Yuuuk, kita ajak ibu, bapak, tante, om, dan guru-guru untuk jadi donor darah sukarela. Mau tahu lebih banyak, gabung PMR biar teman-teman bisa baca buku-buku PMR, dan sesekali datang ke Kantor PMI, dong...

0 komentar

Post a Comment