Defenisi dan Prinsip Kerja Komputer Menurut Ahli

Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda untuk orang yang berbeda. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa latin Camputare yang berarti menghitung (to compute atau reckon). Berikut beberapa defenisi tentang komputer. 

  1. Menurut Robert H. Blissmer. Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: a). Menerima input, b). Memproses input sesuai dengan programnya c). Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, d). Menyediakan output dalam bentuk informasi, 
  2. Menurut Donald H. Sanders. Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program yang tersimpan pada memori (stored program). 
  3. Menurut V.C. Hamacher, ZG. Vranesic, S.G. Zaky. Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang dengan cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu programyang tersimpan dimemorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi. 
  4. Menurut buku William M. Fouri. Komputer adalah suatu pemproses data (dataprocessor ) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari menusia mengoperasikan selama pemprosesan. 

Berdasarkan beberapa defenisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah: 

  1. Alat elektronik yang dapat melakukan perhitungan numerik; 
  2. Alat yang dapat membaca input data dan mengolahnya sesuai dengan program yang ditetapkan untuk menghasilkan informasi yang merupakan output hasil pemprosesan input data; dan 
  3. Alat yang dapat melakukan penyimpanan data, yaitu program, input, maupun output hasil pengolahan. 

2. Prinsip Kerja Komputer 

Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi. Upaya mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data yang menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software,danbrainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. 

  • Hardware (perangkat keras/piranti keras) adalah peralatan pada sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah. 
  • Software (perangkat lunak/piranti lunak) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data. 
  • Brainware adalah manusia yang terlibat di dalam pengoperasian serta pengaturan sistem komputer. 

Setelah diproses sedemikian rupa oleh hardware yang dijalankan berdasarkan arahan software,komputer menghasilkan beragam bentuk keluaran.Mulai dari sekadar tampilan dilayar monitor, suara di speaker, sampai bentuk cetakan atau gambar melalui printer atau plotter, dan lain sebagainya. Perangkat lunak tersebut membantu komunikasi antara komputer dan pemakai, ada yang berfungsi sebagai sistem operasi (operatingsystem), sebagai pengolahdataberdasarkan aplikasi tertentu (applicationsoftware) dan memberi bantuan kemudahan menggunakan komputer oleh user (utility software). 

Suatu proses pengolahan data terdiri atas tiga tahapan dasar, yang disebut dengan siklus pengolahan data (Data Processing Cycle) yaitu input, processing, dan output. 

INPUT ===>PROCESSING====> OUTPUT 

Tiga tahap dasar dari siklus pengolahan data tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut. Siklus pengolahan data yang diperluas (expended data processing cycle) dapat ditambahkan tiga atau lebih tahapan, yaitu origination (asal/sumber), storage (penyimpanan), dan distribution (distribusi). 

  • Origination, tahap ini berkaitan dengan proses pengumpulan data yang biasanya merupakan proses perekaman (recording) data ke dokumen dasar. 
  • Input, tahap ini merupakan proses memasukkan data ke dalam komputer melalui alat input (inputdevice). 
  • Processing, tahap ini merupakan proses pengolahan/pemprosesan dari data yang sudah dimasukkan dan dilakukan oleh alat pemproses (processing device) yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalikan, atau mencari di penyimpanan. 
  • Output, tahap ini merupakan proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data kealat output (outputdevice), yaitu berupa informasi. 
  • Distribution, tahap ini merupakan proses dari distribusi output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi. 
  • Storage, tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar (storage). 

Hasil dari pengolahan yang disimpan di storage dapat dipergunakan sebagai bahan input untuk proses selanjutnya.

0 Response to "Defenisi dan Prinsip Kerja Komputer Menurut Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel