RASIONAL DAN ELEMEN PERUBAHAN KURIKULUM 2013
A.
latar belakang
perlunya pengembangan kurikulum 2013
Kurikulum
merupakan salah satu unsur yang memberikan kontribusi untuk mewujudkan proses
berkembangnya kualitas potensi peserta didik tersebut. Kurikulum 2013
dikembangkan berbasis pada kompetensi sangat diperlukan sebagai instrument untuk
mengarahkan peserta didik menjadi :
1.
Manusia berkualitas yang
mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang berubah
2.
Manusia yang beriman dan
bertaqwa kepada tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri; dan
3.
Warga Negara yang
demokratis, bertanggung jawab.
pengembangan
kurikulum 2013 merupakan langkah lanjutan pengembangan kurikulum berbasis
kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2014 dan KTSP 2006 yang mencakup
kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu.
B.
Rasional
pengembangan kuriulum 2013
Penembangan kurikulum perlu dilakukan karena
adanya berbagai tantangan yang dihadapi, baik tantangan internal maupun
tantangan eksternal
1.
Tantangan Internal
(a)
Pemenuhan 8 Standar
nasional pendidikan yang meliputi standar pengelolaan, standar biaya, standar
sarana prasarana, standar pendidik dan ketenaga kependidikan, standar isi,
standar penilaian, dan kompetensi lulusan.
(b)
perkembangan penduduk Indonesia
dilihat dari pertumbuhan penduduk usia produktif. SDM usia produktif yang
melimpah apabila memiliki kompetensi dan keterampilan akan menjadi modal
pembangunan yang luar biasa besarnya. Namun, apabila tidak memiliki kompetensi
dan keterampilan tentunya akan menjadi beban pembangunan.
2.
Tantangan Eksternal
Tantangan eksternal yang dihadapi dunia
pendidikan antara lain berkaitan dengan :
(a)
Tantangan masa depan antara
lain globalisasi, kemajuan teknologi informasi
(b)
kompetensi masa depan
antara lain kemampuan berkomunikasi, kemampuan berpikir jernih dan kritis,
kemampuan menjadi warga Negara yang bertanggung jawab, kemampuan mencoba untuk
mengerti dan toleran terhadap pandangan yang berbeda, dan memiliki kesiapan
untuk bekerja.
(c)
persepsi masyarakat antara
lain terlalu menitikberatkan pada aspek kognitif, beban siswa terlalu berat,
kurang bermuatan karakter.
(d)
perkembangan pengetahuan
dan pedagogi antara lain neurologi, psikologi, observation based (discovey)
learning dan collaborative learning.
(e)
fenomena negative antara
lain perkelahian pelajar, narkoba, korupsi, plagiarism, dan kecurangan dalam
ujian ( contek, kerpek…)
3.
Penyempurnaan Pola Pikir
pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masa
depan hanya akan dapat terwujud apabila terjadi pergeseran atau perubahan pola piker
dalam proses pembelajaran sebagai berikut ini .
0 Response to "RASIONAL DAN ELEMEN PERUBAHAN KURIKULUM 2013"
Post a Comment