Langkah-langkah Penyusunan soal HOTS

Untuk  menulis  butir  soal  HOTS,  penulis  soal  dituntut  untuk  dapat  menentukan perilaku yang hendak diukur dan merumuskan materi yang akan dijadikan dasar pertanyaan (stimulus) dalam konteks  tertentu  sesuai  dengan  perilaku  yang diharapkan.  Selain  itu  uraian  materi  yang  akan  ditanyakan  (yang  menuntut penalaran  tinggi)  tidak  selalu  tersedia  di  dalam  buku  pelajaran.  Oleh  karena  itu dalam  penulisan  soal  HOTS,  dibutuhkan  penguasaan  materi  ajar,  keterampilan dalam menulis soal (kontruksi soal), dan kreativitas guru dalam memilih stimulus soal sesuai dengan situasi dan kondisi daerah di sekitar satuan pendidikan. 
Langkah-langkah Penyusunan soal HOTS

Berikut dipaparkan langkah-langkah penyusunan soal-soal HOTS. 
  • Menganalisis KD yang dapat dibuat soal-soal HOTS 

Terlebih dahulu guru-guru memilih KD yang dapat dibuatkan soal-soal  HOTS. Tidak  semua  KD  dapat  dibuatkan model-model soal  HOTS. Guru-guru secara mandiri atau melalui  forum  KKG/MGMP  dapat  melakukan  analisis  terhadap KD yang dapat dibuatkan soal-soal HOTS. 

  • Menyusun kisi-kisi soal 

Kisi-kisi  penulisan  soal-soal  HOTS  bertujuan  untuk  para  guru  dalam  menulis butir  soal  HOTS.  Secara  umum,  kisi-kisi  tersebut  diperlukan  untuk  memandu guru dalam:
a.  memilih KD yang dapat dibuat soal-soal HOTS
b.  merumuskan IPK
c.  memilih materi pokok yang terkait dengan KD yang akan diuji
d.  merumuskan indikator soal
e.  menentukan level kognitif
f.  Menentukan bentuk soal dan nomor soal

  • Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual 

Stimulus  yang  digunakan  hendaknya  menarik,  artinya  mendorong  peserta didik untuk membaca stimulus. Stimulus yang menarik umumnya baru, belum pernah dibaca oleh peserta didik. Sedangkan  stimulus  kontekstual  berarti stimulus yang sesuai dengan kenyataan dalam kehidupan sehari-hari, menarik, mendorong peserta didik untuk membaca. Dalam konteks Ujian Sekolah, guru dapat memilih stimulus dari lingkungan sekolah atau daerah setempat. 

  • Menulis butir pertanyaan sesuai dengan kisi-kisi soal 

Butir-butir pertanyaan ditulis sesuai dengan kaidah penulisan butir soal  HOTS. Kaidah penulisan butir soal HOTS, agak berbeda dengan kaidah penulisan butir soal  pada  umumnya.  Perbedaannya  terletak  pada  aspek  materi,  sedangkan pada  aspek  konstruksi  dan  bahasa  relatif  sama.  Setiap  butir soal  ditulis  pada kartu soal, sesuai format terlampir. 

  • Membuat pedoman penskoran (rubrik) atau kunci jawaban 

Setiap  butir  soal  HOTS  yang  ditulis  hendaknya  dilengkapi  dengan  pedoman penskoran atau kunci jawaban. Pedoman penskoran dibuat untuk bentuk  soal uraian.  Sedangkan  kunci  jawaban  dibuat  untuk  bentuk  soal  pilihan  ganda, pilihan ganda kompleks (benar/salah, ya/tidak), dan isian singkat.

0 Response to "Langkah-langkah Penyusunan soal HOTS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel