SOAL PENGAYAAN UN SMP/MTS MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

SOAL PENGAYAAN UJIAN NASIONAL SMP /MTS MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS 2014-2015
Choose A, B, C, or D which best answer the questions.
Read Text 1 and answer question 1.
Menentukan makna caution

Indikator  : Menentukan makna caution
Indikator soal : Disajikan sebuah teks caution, siswa dapat melengkapi pernyataan tentang makna teks tersebut dengan tepat.

Soal no. 1
1.  The text means that the students … .
A.  May enter the laboratory with any coats
B.  must buy a white coat to enter the laboratory
C.  have to wear a lab coat when using the laboratory
D.  should put off the lab coat when the laboratory is used

Kunci Jawaban : C
Pembahasan  : Makna (maksud orang menulis teks) yang tepat dari teks di atas adalah mengharuskan orang untuk memakai ”lab coat”. Kata kunci terdapat pada kata must be worn = have to wear”.
Read Text 2 and answer questions 2 and 3.
Text 2

To Our Beloved Student Yohanita.

CONGRATULATIONS
We would like to congratulate you on your success to be the best graduate of  
SMP Al Azhar this year.
You deserve to get such a title because of your best marks of all subjects of the final examination. 
We are proud of you so much.
We hope that you will inspire the students.

Mr. Suyanto M.Pd

Indikator  : Menentukan tujuan komunikatif teks.
Indikator soal : Disajikan sebuah teks greeting card siswa dapat melengkapi pernyataan tentang tujuan komunikatif dari teks tersebut dengan tepat.

Soal no. 2
2.  The text is written by the writer … on her success to be the best graduate of the school.
A.  to ask for Yohanita’s attention
B.  to congratulate Yohanita
C.  to show Yohanitas’s ability
D.  to send his best regards
Kunci Jawaban : B
Pembahasan  : Jenis teks yg ditanyakan berbentuk kartu ucapan. Ini berarti bahwa teks
itu ditulis untuk mengucapkan selamat (congratulate) kepada orang. Jadi jawaban yang tepat adalah B.

Indikator : Menentukan informasi tersirat
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks greeting card siswa dapat melengkapi pernyataan
berisi informasi tersirat di dalam teks tersebut dengan tepat.

Soal no. 3
3.  From the text we know that Yohanita is a … student.
A.  rich
B.  clever
C.  boastful
D.  beautiful

Kunci Jawaban : BPembahasan  : Dari teks diketahui bahwa Yohanita menjadi lulusan terbaik karena mendapat nilai terbaik untuk semua mata pelajaran UN. Dari info ini dapat disimpulkan bahwa Yohanita adalah seorang siswa yang pandai
.
Read Text 3 and answer questions 4 and 5.
Text 3
Menentukan informasi rinci.

Indikator  : Menentukan informasi rinci.
Indikator soal : Disajikan sebuah teks short message siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci di dalam teks tersebut dengan tepat.

Soal no. 4
4.  Why did the writer ask Ryan to come to school?
A.  To finish their project.
B.  To meet his teacher.
C.  To receive Herdy’s present.
D.  To ask for his buddy’s friend.

Kunci  Jawaban :  A
Pembahasan  : Dari teks diketahui bahwa Ryan diminta datang oleh Mrs. Ida untuk menyelesaikan project kelompoknya. Jadi alasan mengapa penulis pesan meminta Ryan datang adalah jawaban A yang paling tepat. 
Indikator  : Menentukan informasi tersirat.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks short message siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat di dalam teks tersebut dengan tepat.

Soal no. 5
5.  What is the relationship between Ryan and the writer?
A.  Brothers.
B.  Relatives.
C.  Roommates.
D.  Classmates.
Kunci Jawaban : DPembahasan  : Dari teks diketahui bahwa Ryan dan penulis sama-sama seorang  pelajar. Kata kuncinya pada kata our project. Berarti dapat disimpulkan bahwa mereka teman sekelas. Bukan hubungan yang lain. Jadi jawaban paling tepat adalah D.

Read Text 4 and answer questions 6 to 7.
Text 4

Indikator  : Menentukan informasi tertentu.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks announcement siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu di dalam teks tersebut dengan tepat.

Soal no. 6
6.  What did the school do to celebrate its anniversary?
A.  To hold a special bazaar.
B.  To have a martial art competition.
C.  To do all extracurricular activities.
D.  To highlight all events well.
Kunci  Jawaban :  A Pembahasan  : Dari teks diketahui bahwa sekolah akan mengadakan acara bazar untuk memperingati hari jadinya. Jadi jawaban pertanyaan yang tepat adalah A.
Indikator  : Menentukan informasi rinci di dalam teks
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks announcement siswa dapat melengkapi pernyataan tentang informasi rinci di dalam teks tersebut dengan tepat.
Soal no. 7
7.  The school did not have all the extracurricular activities on that day because … .
A.  the sport hall would be used for the celebration of the school anniversary
B.  all students had to attend the bazaar and buy everything sold in the event
C.  there was an attractive music show performed by all students of the school
D.  nobody was interested in playing basketball in the sport hall that day
Kunci Jawaban  : APembahasan  : Dari kalimat terakhir teks diketahui bahwa karena adanya kegiatan bazar, maka kegiatan ekstrakurikuler tidak dilakukan hari sabtu itu. Jadi jawaban pertanyaan yang tepat adalah A.

Read Text 5 and answer questions 8 and 9.
Text 5
Graduation Open House Event
To Honor Our Beloved Son
Fajar Ramadhan Afifi
Upon His Graduation From SMP MUTIARA
Please Join Us on Saturday, July 25
th
7:00 – 9:00 PM
Marsekal Surya Dharma Street No. 70 Neglasari
RSPV to Shara 0817836773 by July 19th

Indikator : Menentukan tujuan komunikatif teks.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks “invitation” siswa dapat melengkapi pernyataan tentang tujuan komunikatif teks dengan tepat.

Soal no. 8
8.  The writer wrote the text … .
A.  to announce students’ graduation
B.  to promote a reunion program
C.  to amuse the beloved son
D.  to invite someone to come to a party
Kunci Jawaban : D Pembahasan : Teks yang disajikan berbentuk undangan pesta atas keberhasilan anak dalam sekolahnya. Karena itu tujuan penulisan teks ini yang tepat adalah pada jawaban D.
Indikator  : Menentukan informasi rinci.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks invitation siswa dapat melengkapi pernyataan tentang informasi rinci di dalam teks dengan tepat.
Soal no. 9
9.  Fajar’s parents celebrated his graduation because they….
A.  fulfilled their promise to the son
B.  respected their son’s achievement
C.  wanted publication for their son
D.  admired their son’s school
Kunci Jawaban : B
Pembahasan  : Alasan orang tua mengundang orang adalah dalam rangka menghargai sukses anak. Kata kunci ada pada kata to honor Jadi jawaban pertanyaan yang tepat adalah B.
Read Text 6 and answer questions 10 and 11.

Text 6
A Trip to a Local French School
Day 1 – Depart from New York to France
Day 2 – Full day at local French school
08.00 a.m. - 08.30 a.m. : Continental breakfast in the hotel lobby
08.30 a.m. – 09.00 a.m. : Travel to local school by minibus
09.00 a.m. – 17.00 p.m. : Follow daily schedule of the local French school
17.00 p.m. – 17.30 p.m. : Travel back to the hotel
17.30 p.m. – 18.30 p.m. : Dinner
18.30 p.m. – 20.30 p.m. : Evening activities (student journal writing)
20.30 p.m. – 21.00 p.m. : Prepare for bed – lights out.New York
Indikator  : Menentukan informasi tertentu.
Indikator soal : Disajikan sebuah teks schedule siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan pernyataan tentang informasi tertentu dengan tepat.
Soal no. 10
10. What did the school plan to do based on the text?
A.  To go to New York City.
B.  To stay at a good hotel.
C.  To visit a local French school.
D.  To go to schools in France.
Kunci Jawaban : CPembahasan  : Dari judul jelas yang sekolah rencanakan adalah berkunjung ke salah satu sekolah di Negara Perancis.
Indikator  : Menentukan makna kata.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks “schedule” siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna kata dalam teks tersebut dengan tepat.
Soal no. 11
11. “Day 1 – Departfrom New York to France.”
What does the underlined word mean?
A.  Continue
B.  Come
C.  Stay
D.  Leave
Kunci Jawaban : D
Pembahasan : Kata leave punya beberapa arti. Dalam kalimat di atas arti kata depart=leave. Jadi Jawaban D yang paling tepat.
Read Text 7 to answer questions 12 to 14.
Text 7

From  : Gany_Khan@yahoo.com
Subject  : sharing happiness
Dear Diana,

How are you? Hope everything went well with you there. As you know I’ve been studying in Sydney for three months, and I started to feel more accustomed to everything I face here. I know this is my best decision I ever made: I learnt a lot, met so much friendly people, and had a great time! I learned a lot especially about different cultures, ways of living and of course about myself.

If you have the opportunity to study abroad, I would highly recommend it. If you have the opportunity, get out of your comfort zone and step into your next adventure!
Love,
Gani

Indikator  : Menentukan informasi tertentu.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks “Email” siswa dapat melengkapi pernyataan tentang informasi tertentu di dalam teks dengan tepat.
Soal no. 12
12. The writer has been in Australia for … months.
A.  one
B.  two
C.  three
D.  four
Kunci Jawaban : C
Pembahasan  : Dari teks diketahui penulis sudah di Sydney selama 3 hari untuk belajar. Jadi Jawaban pertanyaan telah berapa lama penulis di Australia adalah C yang paling tepat.
Indikator  : Menentukan rujukan kata.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks “Email” siswa dapat melengkapi pernyataan tentang rujukan kata di dalam teks dengan tepat.
Soal no. 13
13. “ I would highly recommend it.” What does the word “it” refer to?
A.  To make a decision.
B.  To study in Sydney.
C.  To go along with Australian.
D.  To get the opportunity.
Kunci Jawaban : B Pembahasan  : Kata ganti it merujuk pada benda atau sesuatu atau suatu kegiatan. Dalam teks ini kata it merujuk pada kegiatan belajar di Sydney. Jadi jawaban B yang paling tepat.
Indikator : Menentukan informasi tersirat.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks “Email” siswa dapat melengkapi pernyataan tentang informasi tersirat di dalam teks dengan tepat.
Soal no. 14
14. The writer thinks that Sydney is a … city to study.
A.  crowded
B.  nice
C.  different
D.  terrible
Kunci Jawaban : BPembahasan  : Berdasarkan pernyataan penulis seperti I learnt a lot, met so much friendly people, and had a great time! I learned a lot especially about different cultures, ways of living…dapat disimpulkan kalau ia menyukai belajar dan menganggap Sydney sebagai tempat yang baik untuk belajar. Jadi Jawaban B yang paling tepat.

Read Text 8 and answer questions 15 to 17.
Text 8
Indikator  : Menentukan tujuan komunikatif.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks “Iklan ” siswa dapat melengkapi pernyataan tentang tujuan komunikatif penulisan teks dengan tepat.
Soal no. 15
15. The text is written to … a product named Too Shiba Ellite.
A.  buy
B.  show
C.  explain
D.  advertise
Kunci Jawaban : D
Pembahasan  : Bentuk teks berupa iklan di koran. Orang membuat teks seperti ini untuk menjual suatu produk. Jadi jawaban D yang paling tepat yaitu untuk mempromosikan barang berupa laptop lewat Koran.
Indikator  : Menentukan informasi rinci.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks “Iklan ” siswa dapatmenentukan jawaban pertanyaan tentang tujuan komunikatif penulisan teks dengan tepat.
Soal no. 16
16. Why should the readers buy the product soon?
A.  The price of the product this time is rather expensive.
B.  The computer will not be produced anymore now.
C.  The product will not be sold at New Technology anymore.
D.  The gadget is easy for all people to get everywhere.
Kunci Jawaban : C
Pembahasan  : Pembaca diminta segera membeli produk laptop itu di took new technology terdekat mereka karena stoknya sedikit. Jadi bila terlambat akan kehabisan. Jadi Jawaban C yang paling tepat.
Indikator : Menentukan informasi tersirat.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks “Iklan ” siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dengan tepat.
Soal no. 17
17. What type of computer is it based on the text?
A.  An LCD.
B.  A laptop.
C.  A tablet.
D.  A processor.
Kunci Jawaban : B
Pembahasan  : Dari kata touchpad dan battery dapat disimpulkan bahwa gadget yang diiklankan berupa laptop.
Read Text 9 and answer questions 18 to 20.
Text 9

Interesting Letter Holder
Things you need
•  A shoebox
•  Cardboard sheet
•  Different colored glazer paper
•  Glue
•  Scissors
•  Pencil, eraser, and sketch pens

Methods
1.  Take a shoebox without the lid.
2.  Draw out a fishing boat on the cardboard and cut it.
3.  Use glazed paper in different colors to stick on the cardboard boat so that it looks bright and colorful.
4.  Stick the boat on one side of the shoebox. Now Your letter holder is ready to use.
Indikator  : Menentukan informasi tertentu.
Indikator soal : Disajikan sebuah teks procedure siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dengan tepat.

Soal no. 18
18. What should you do after drawing out a fishing boat on the cardboard?
A.  Cut the cardboard.
B.  Use the glue to stick it.
C.  Stick the boat on the picture.
D.  Draw the picture again and paint it.
Kunci  Jawaban :  A
Pembahasan  : Pertanyaannya apa yang dilakukan setelah melakukan draw out a fishing boat on the cardboard. Dari teks diketahui setelah menggambar kita diminta cut the cupboard. Jadi jawaban yang paling tepat adalah A.
Indikator : Menentukan tujuan komunikatif teks.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks procedure siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang tujuan komunikatif dengan tepat.
Soal no. 19
19. What is the writer’s purpose to write the text?
A.  To give complete description on shoeboxes.
B.  To tell the way to make a letter holder.
C.  To recycle shoeboxes for other purposes.
D.  To tell readers how to make use of shoeboxes.
Kunci Jawaban : B
Pembahasan  : Teks dalam soal ini berbentuk teks prosedur tentang cara membuat suatu benda. Berarti teks ini dibuat orang untuk menjelaskan cara membuat sesuatu itu. Sesuatunya berupa apa dapat dibaca pada judul. Jadi jawaban yang paling tepat berdasar judul untuk soal ini adalah B.
Indikator : Menentukan rujukan kata.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks procedure siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang kata rujukan dalam teks tersebut dengan tepat.
Soal no. 20
20. “Draw out a fishing boat on the cardboard and cut it.”
What does the word “it” in the sentence refer to?
A.  The cardboard.
B.  The fishing boat.
C.  The scissor
D.  The lid.
Kunci Jawaban : A
Pembahasan  : Kata ganti “it” digunakan untuk mengganti kata benda.Benda yang dimaksud dalam kalimat ini tentu saja cardboard bukan fishing boat. Karena yang bisa dipotong hanya benda cardboardnya. Jadi jawaban A yang paling tepat.

Read Text 10 and answer questions 21 to 24.
Text 10
Venice is a city in northern Italy. It has been known as the “Queen of the Adriatic”,
“City of Bridges”, and “The City of Light”. The city stretches across 117 small islands in the marshy Venetian Lagoon along the Adriatic Sea in northeast Italy.
Venice is world famous for its canals. It is built on an archipelago of 117 islands formed by about 150 canals in a shallow lagoon. The islands on which the city is built are connected by about 400 bridges. In the old centre, the canals serve the function of roads, and every form of transport is on water or on foot.
You can ride gondola there. It is the classical Venetian boat which nowadays is mostly used for tourists, or weddings, funerals, or other ceremonies. Now, most Venetians travel by motorised waterbuses which ply regular routes along the major canals and between the city’s islands. The city has many private boats. The only gondolas still in common use by Venetians are the Traghetti, foot passenger ferries crossing the Grand Canal at certain points without bridges.
Adapted from: http://www.wikipedia.com
Indikator  : Menentukan gambaran umum.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks descriptive siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum isi bacaan dengan tepat.
Soal no. 21
21. What does the text tell you about?
A.  Gondola.
B.  Traghetti.
C.  Venice.
D.  Italy.
Kunci Jawaban : C
Pembahasan  : Soal menanyakan tentang gambaran umum isi bacaan atau topic bacaan. Berdasar kalimat-kalimat yang ada pada teks, semuanya mengarah atau menjelaskan tentang kota Venice. Ini berarti isi teks secara umum mengenai Venice. Jadi jawaban yang paling tepat adalah C.
Indikator  : Menentukan informasi tertentu.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks descriptive siswa dapat melengkapi pernyataan tentang informasi tertentu di dalam teks dengan tepat.
Soal no. 22
22. What transport crosses the Grand Canal for foot passengers at certain points without
bridges?
A.  Gondolas.
B.  Traghetti.
C.  Waterbuses.
D.  Lagoon.
Kunci Jawaban : B
Pembahasan  : Dari kalimat akhir teks diketahui adanya alat transport yang dipakai untuk menyebrangi Grand Canal yaitu ferry yang bernama Traghetti. Jadi jawaban pertanyaan yang paling tepat untuk soal ini adalah B.
Indikator  : Menentukan informasi tersirat.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks descriptive siswa dapat melengkapi pernyataan tentang informasi tersirat di dalam teks dengan tepat.
Soal no. 23
23. From the text we can say that Venice belongs to a city of ….
A.  water
B.  ceremonies
C.  buses
D.  funerals
Kunci  Jawaban :  A
Pembahasan  : Dari teks diketahui bahwa orang-orang di kota Venice bepergian menggunakan transport air. Ini dapat disimpulkan bahwa kota Venice lebih tepat disebut kota air dibandingkan dengan panggilan yang lain. Jadi jawaban pertanyaan yang paling tepat untuk soal ini adalah A.
Indikator  : Menentukan pokok pikiran.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks descriptive siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pokok pikiran salah satu paragraph teks dengan tepat.
Soal no. 24
24. What does the second paragraph of the text tell us about?
A.  The forms of transport in the world.
B.  The canals and roads that people like to use.
C.  The archipelago that has a lot of islands.
D.  Venice as the world famous for its canals.
Kunci Jawaban : DPembahasan : Kalimat-kalimat penjelas dalam paragraf 2 menjelaskan tentang kota venice yang terkenal di dunia karena kanalnya. Jadi jawaban pertanyaan yang paling tepat untuk soal ini adalah D.
For questions 25 to 27 choose the best words to complete Text 11.
Text 11
Last year, I left New Zealand for Bunaken Island. I … (25) there with a group of New Zealand divers. Getting there was not quite difficult. Soon after our arrival at Bunaken, we got a general briefing. It included a description about how to take pictures under water. Then, we began our diving. In our diving we saw groups of …. (26) fish. In order to identify them, we needed a good guide. Without some knowledge of their habitat and behavior, it was difficult to identify. In summary, the trip was mostly enjoyable. This place is really impressive with its marine … (27). We will come again
to visit this beautiful Island this year.
Source: ross-shield.blogspot.com

Indikator  : Melengkapi teks dengan kata kerja.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks recount dengan tiga rumpang siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapinya.
Soal no. 25
25. A. arrived
B.  went
C.  stayed
D.  spent
Kunci Jawaban : BPembahasan  : Dari konteks kalimat, maka kata yang paling tepat adalah went. Kata kerja lain tidak tepat. Jadi jawaban soal ini adalah B.
Indikator  : Melengkapi teks dengan kata sifat.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks recount dengan tiga rumpang siswa dapat menentukan kata sifat yang tepat untuk melengkapinya.
Soal no. 26
26. A. wide
B.  big
C.  large
D.  tiny
Kunci Jawaban : D
Pembahasan  : Soal menanyakan ikan yang seperti apa sehingga diperlukan guide untuk mengetahuinya dan di mana habitatnya. Ini hanya mungkin bila jenis ikan yang dimaksud adalah sangat kecil. Jadi jawaban soal ini yang paling tepat adalah D.
Indikator  : Melengkapi teks dengan kata benda
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks “Recount ” dengan tiga rumpang siswa dapat menentukan kata benda yang tepat untuk melengkapinya.
Soal no. 27
27. A. things
B.  love
C.  life
D.  joy
Kunci Jawaban : C
Pembahasan  : Dari konteks kalimat,khususnya kata place dan marine maka kata yang paling tepat adalah life. Kata lain kurang cocok dengan kalimatnya. Jadi jawaban soal ini adalah C.

Read Text 12 and answer questions 28 to 30.
Text 12
Once a fisherman named Batara Guru Sahala lived in Batakland. One day, he caught a fish. To his surprise, he found that the fish could talk! It begged Sahala to set it free.
Sahala did accordingly.
As soon as the fish was free, it changed into a woman. She was so beautiful that the fisherman fell in love with her at once. He asked her to marry him. The woman agreed to marry Sahala. However, she told him that he must never let out the secret that she was once a fish. Sahala promised her that he would not tell anyone about it.
They were happily married, and had two daughters. Every morning, Sahala went out fishing. His daughters would bring him his lunch. One day, however, instead of bringing the food to their father, the girls ate it. When Sahala learnt what they had done with his meal, he got very angry. He shouted at them, saying, “You behaved exactly like the daughters of a fish.”
The girls did not understand what their father meant. They went home and asked their mother about it. When they told her what he had said, she was very annoyed. Although Sahala apologized to her later, she would not forgive him for breaking his promise.
Then, the earth began to tremble, and volcanoes started to erupt. The earth cracked to form a big hole. People said that this hole became Lake Toba.
Indikator  : Menentukan informasi rinci.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks narrative siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci di dalam teks dengan tepat.
Soal no. 28
28. Why did the girls’ mother get angry with Sahala?
A.  She broke his promise.
B.  He did not get the food.
C.  She apologized for the daughters.
D.  The girls did not understand him.
Kunci  Jawaban :  APembahasan  : Dari konteks kalimat, khususnya pada paragraph 4 diketahui adanya kalimata yang memberi alasan mengapa Ibu anak-anak perempuan itu marah pada Sahala. Alasannya adalah karena Sahala tidak menepati janjinya untuk menjaga rahasia mereka. Jadi jawaban soal ini adalah A.
Indikator  : Menentukan pokok pikiran paragraph.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks narrative siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pokok pikiran paragraf tertentu teks dengan tepat.
Soal no. 29
29. What is the main idea of last paragraph?
A.  The earth began to erupt and tremble very hard.
B.  What happened after Sahala broke his promise.
C.  The volcanoes erupted as soon as the earth trembled.
D.  The earth and the volcanoes made a hole for the people.
Kunci Jawaban : B Pembahasan  : Bila kita baca kalimat-kalimat pada paragraf terakhir maka jelas semuanya menjelaskan apa yang terjadi setelah Sahala tidak menepati janjinya. Jadi jawaban yang paling tepat untuk soal ini adalah jawaban B.
Indikator  : Menentukan pesan moral.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks narrative siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pesan moral dari isi teks dengan tepat.
Soal no. 30
30. What is the moral value of telling the story?
A.  Father has to care all his daughters.
B.  Children must obey their mother.
C.  It is not good to break our promise.
D.  We have to be good with our wife.
Kunci Jawaban : C Pembahasan  : Bila kita baca teks dan pahami isi teks di atas jelas kisah ini diceritakan untuk menyampaikan pesan kalau orang itu tidak baik mengingkari janjinya. Jadi jawaban yang paling tepat untuk soal ini adalah C.
Read Text 13 and answer questions 31 to 33
Text 13
A galaxy is a collection of stars and other astronomical bodies, including planets, comets and asteroids, held together by gravity.
There are many different physical forms and measurements of galaxies. These include the spiral, barrel-spiral and elliptical. Our galaxy, called the Milky Way, is approximately 100,000 light years in width and contains over 100 billion stars.
The centre of galaxies can contain many young, very hot stars as well as older stars. Swirling clouds that have been energized by magnetic forces also exist in the centre.
At this point in time, no one knows the exact number of galaxies in the universe.
Astronomers are, however, learning more and more about them everyday.
Adapted from Text Types in English 3, Macmillan Education Australia PTY LTD
Indikator : Menentukan gambaran umum isi bacaan.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks report siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum isi bacaan dengan tepat.
Soal no. 31
31. What does the text mainly talk about?
A.  Stars and other astronomical bodies.
B.  The galaxy physical forms.
C.  The galaxy centre.
D.  Galaxies
Kunci Jawaban : D
Pembahasan  : Bila kita baca teks dan pahami isi teks di atas jelas secara umum membahas tentang galaxies. Jawaban lain ada yang terlalu umum dan ada yang terlalu sempit. Jadi jawaban yang paling tepat untuk soal ini adalah jawaban D.
Indikator  : Menentukan informasi tersirat.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks narrative siswa dapat menentukan informasi tersirat yg tepat untuk melengkapi pernyataan yang diberikan dengn tepat.
Soal no. 32
32. From the text we know that ….
A.  gravity holds galaxies together in this universe
B.  the number of our universe is limited in size
C.  astronomers cannot study about galaxy anymore
D.  there are some forms of galaxies that we know
Kunci Jawaban : APembahasan  : Bila kita baca tiap jawaban dan kita sesuaikan dengan isi teks maka hanya jawaban A yang benar. Jawaban yang lainnya salah. Jadi jawaban yang paling tepat untuk soal ini adalah jawaban A.
Indikator  : Menentukan rujukan kata.
Indikator soal  : Disajikan sebuah kalimat yang memuat kata ganti tertentu, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang kata rujukan dalam teks dengan tepat.
Soal no. 33
33. “Ourgalaxy, called the Milky Way, is…” (paragraph 3)
What does the underlined word in the sentence refer to?
A.  The writer and the readers.
B.  The readers and their friends.
C.  The people of the world.
D.  The members of the galaxies.
Kunci Jawaban : A
Pembahasan  : Arti kata “our” dalam konteks ini adalah kita bukan kami. Bila demikian maka yang dimaksud adalah si penulis dan si pembaca teks ini, bukan yang lain. Jadi jawaban soal yang paling tepat untuk soal ini adalah jawaban A.
Read Text 14 and answer questions 34 to 37.
Text 14

On Saturday, 20th

April 2003, Aron Ralston went climbing in the Utah National Park USA. He did not tell his friends or family and he took no mobile phone at all. Later, there was a terrible accident. An enormous rock trapped Aron’s arm. He was there for six days. He could not sleep at night because it was very cold. He did not drink any fresh water, and there was not any food to eat. Besides, he did not see any people.
Fortunately, Aron was safe. On the sixth day he escaped. He amputated his trapped arm with a small knife. Then he walked six miles. Finally a helicopter saw and rescued him. 
Aron wrote a book about his experience. Now he climbs with an artificial arm.
Indikator : Menentukan informasi tertentu.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks recount siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dengan tepat.

Soal no. 34
34. What did Aron do On Saturday 20th April 2003?
A.  He went to USA to visit his family.
B.  He rescued someone with a helicopter.
C.  He climbed in the Utah National Park.
D.  He amputed his trapped arm with a knife.
Kunci Jawaban : C
Pembahasan  : Dari kalimat pertama jelas apa yang Aron lakukan. Jadi Kunci Jawaban soal ini adalah C.
Indikator : Menentukan informasi rinci.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks recount siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci di dalam teks dengan tepat.
Soal no. 35
35. Aron could not drink and eat at that time because … .
A.  his drink and food was gone on his way
B.  he was not able to go anywhere
C.  the weather around him was very cold
D.  he did not tell anybody about his activity
Kunci Jawaban : B
Pembahasan  : Dari kalimat-kalimat penjelas pada teks pertama alasan mengapa ia tidak bisa minum dan makan adalah karena ia tidak bisa kemana-mana karena tangannya terjebak es. Jadi jawaban soal ini adalah B.
Indikator : Menentukan pokok pikiran.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks recount siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pokok pikiran salah satu paragra dalam teks recount dengan tepat.
Soal no. 36
36. What is the second paragraph of the text about?
A.  What Aron did to make him sleep well.
B.  Why Aron wrote his terrible experience.
C.  How Aron escaped from the accident.
D.  What happened to the helicopter.
Kunci Jawaban : C
Pembahasan  : Dari kalimat-kalimat penjelas pada teks jelas paragraph 2 berbicara tentang bagaimana Aron bisa selamat dari musibah tersebut. Jadi jawaban soal ini adalah C.
Indikator : Menentukan makna kata.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks recount siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna kata dalam kalimat teks dengan tepat.

Soal no. 37
37. “Now he climbs with an artificialarm.”
What does the underlined word mean?
A.  Mobile.
B.  Official.
C.  Natural.
D.  Man-made.
Kunci Jawaban : DPembahasan  : Karena lengan Aron sudah diamputasi dan diganti dengan tangan baru maka bisa dipastikan bahwa lengan itu lengan buatan manusia. Jadi jawaban yang paling tepat adalah D.

For questions 38 to 40 choose the best words to complete Text 15 below.
Text 15
My Lovely Pet
I used to have a beautiful cat named Proudy. She had white fluffy fur and purple eyes and she had a little gray spot on her head and a black spot on her tail, and she also had small legs with very cute paws.
Proudy was a very smart cat too. She knew my …(38). She would wake me up in the morning, a couple of minutes before my alarm clock rang. She even knew what time I came home. When I opened the door, she would jump on me … (39)as if she was trying to tell me that she missed me so much.
Proudy and I used to have great times together. Unfortunately last year she died …(40) a truck hit her. I buried her in our garden in front of my bedroom window. I really love and miss Proudy.
Indikator  : Melengkapi teks dengan kata benda.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks descriptive dengan tiga rumpang siswa dapat menentukan kata benda yang tepat untuk melengkapinya.

Soal no. 38
38. A. business
B.  schedule
C.  alarm
D.  plan
Kunci Jawaban : B
Pembahasan  : Bila kita baca kata-kata seperti wake up, came home. Pada kalimat kalimat penjelas di dalam teks, maka jawaban yang paling tepat adalah B.
Indikator : Melengkapi teks dengan kata keterangan
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks descriptive dengan tiga rumpang siswa dapat menentukan kata keterangan yang tepat untuk melengkapinya.
Soal no. 39
39
A. quickly
B.  slowly
C.  lazily
D.  wildly
Kunci  Jawaban :  A
Pembahasan  : Kata yang harus dipilih berupa kata keterangan cara melakukan sesuatu. Karena kucing melompat ke penulis untuk mengungkapkan kerinduan pada tuannya, maka cara kucing melompat yang tepat adalah dengan cepat (quickly). Cara lain kurang cocok dengan penjelasan dalam teks. Jadi Kunci Jawabanyang paling tepat untuk soal ini adalah A.
Indikator  : Melengkapi teks dengan kata penghubung
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks descriptive dengan tiga rumpang siswa dapat menentukan kata penghubung yang tepat untuk melengkapinya.
Soal no. 40
40. A. although
B.  because
C.  however
D.  if
Kunci Jawaban : BPembahasan  : Kata yang harus dipilih berupa kata penghubung yang menghubungkan dua pernyataan. Karena kedua pernyataan itu menunjukkan sebab akibat maka kata penghubung because yang paling tepat. Kata penghubung yang lain tidak cocok. Jadi Kunci Jawaban yang paling tepat untuk soal ini adalah B.

Read Text 16 and answer questions 41 to 43.
Text 16
Ginger is a type of tropical plant. It is typically used in a variety of cuisines around the world. It can also be used to add color and flair to gardens and landscapes. The most common type of ginger used in cooking today is Zingiber officinale.
As a root plant ginger can reach up to 4 feet high, with a stalk containing clusters of small, yellow flowers. When eaten, ginger has a spicy taste--though this dulls as the plant ages. Young ginger plants are typically moist and fleshy, and become drier and more fibrous as they age.
The root of the ginger plant is most often used in cooking. It can be grated, shredded, or even sliced over various items. It is a commonly used ingredient for baking, and is used regularly in cookies, cakes, pies, and other desserts. This plant can also be used as a complementary spice to meats, fish, or even pasta dishes.
According to Disabled World, ginger is often used in the treatment of cure of nausea, motion sickness, and upset stomachs. In addition, ginger use has been found to be effective in the treatment of cataracts, ammenorhea, and heart disease.

Indikator  : Menentukan informasi rinci.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks report siswa dapat melengkapi pernyataan tentang informasi rinci dalam teks dengan tepat.

Soal no. 41
41. People use ginger to cure heart disease because it is … for it.
A.  effective
B.  worthless
C.  invaluable
D.  inefficient
Kunci  Jawaban :  APembahasan  : Dari kalimat terakhir diketahui bahwa ginger mujarab untuk mengobati sakit jantung. Jadi Kunci Jawabanyang paling tepat untuk soal ini adalah A.
Indikator  : Menentukan pokok pikiran.
Indikator soal  : Disajikan sebuah teks report siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pokok pikiran salah satu paragraph teks dengan tepat.

Soal no. 41
42. What is the main idea of paragraph 3?
A.  Ginger can also be used as a complementary spice to dishes.
B.  Ginger is used regularly in cookies, cakes, pies, and other desserts.
C.  Young ginger plants are typically moist and fleshy.
D.  The root of the ginger plant is most often used in cooking.
Kunci Jawaban : DPembahasan  : Berdasarkan paragraf 3, diketahui bahwa kalimat-kalimat yang ada menjelaskan tentang kalimat yang pertama. Ini artinya bahwa kalimat pertama itu menjadi pokok pikirannya. Jadi Kunci Jawabansoal ini adalah D.
Indikator  : Menentukan makna kata
Indikator soal : Disajikan sebuah teks report siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna kata dengan tepat.
Soal no. 43
43. “…and become drier and more fibrous as they age.”
What does the underlined word mean?
A.  Grow old
B.  Become ripe
C.  Get wet
D.  Be rotten
Kunci Jawaban  : APembahasan  : Berdasarkan konteks kalimat yg diberikan maka arti kata age yang paling tepat adalah grow old. Jadi Kunci Jawaban soal ini adalah A.

Read Text 17 and answer questions 44 to 46.
Text 17
Jerry was riding his motorcycle home late one night when he saw a young girl waiting by a bus stop. He stopped his motorcycle and told her that he did not think the buses were running so late at night and offered her a ride. The night air was getting chilly, so he took off his jacket and gave it to her. Jerry found out that the girl’s name was Siska and she was on her way home. After an hour drive, they arrived at her home. Jerry said goodnight and went home himself.
The next day, he remembered that Siska still had his jacket. He went to Siska’s house and knocked on the door. An old woman answered. Jerry told her about the ride he had given her daughter Siska, and he had to come back to get the jacket he had lent her. The old woman looked very confused.
Jerry noticed a picture of Siska on the table. He pointed to it and told the old woman
that she was the girl he had given a ride to.
With her shaking voice, the old woman told Jerry that her daughter had been died for many years and was buried in a cemetery about an hour drive away from there. Jerry ran to his motorcycle and drove to the cemetery. There he found his jacket, neatly folded on top of a grave. The name on the gravestone was Siska Mutiara.
Indikator  : Menentukan gambaran umum.
Indikator soal : Disajikan sebuah teks “Cerita pendek ” siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum isi bacaan dengan tepat.
Soal no. 44
44. What is the text about?
A.  Jerry’s nice night
B.  Jerry’s ghosts
C.  Jerry’s accident
D.  Jerry’s weird experience
Kunci Jawaban  : D
Pembahasan  : Bila kita baca secara keseluruhan maka teks diatas menceritakan tentang pengalaman Jerry yang aneh. Jadi Kunci Jawaban soal ini adalah D.
Indikator  : Menentukan rujukan kata.
Indikator soal : Disajikan sebuah teks “Cerita pendek ” siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang rujukan kata tertentu dalam teks dengantepat.
Soal no. 45
45. “Therehe found his jacket”
What does the underlined word refer to?
A.  In the house.
B.  At the cemetery.
C.  On the road.
D.  Near the graveyard.
Kunci Jawaban : B
Pembahasan  : Kata there menggantikan kata keterangan tempat. Berdasarkan konteks kalimat dalam teks, jelas kata yang dirujuk oleh kata there adalah at the cemetery. Jadi Kunci Jawabansoal ini yang paling tepat adalah B.
Indikator  : Menentukan pesan moral.
Indikator soal   : Disajikan sebuah teks “Cerita pendek ” siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pesan moral teks dengan tepat.
Soal no. 46
46. What moral value does the writer of the story want to convey?
A.  Be happy when you are passing by a graveyard on your way home.
B.  Be smart that other living thing can hit you when you are somewhere.
C.  Be ready that It is possible that devil can meet someone to work together.
D.  Be careful that devil might interrupt you when you are doing something.
Kunci Jawaban  : DPembahasan  : Cerita di atas mungkin terjadi dimana ada mahluk halus yang mencoba menggoda kita sewaktu kita pergi atau pulang dari suatu tempat. Karena itu waspadalah dengan membaca doa sebelum berangkat untuk keselamatan kita dan bebas dari gangguan mahluk halus. Jadi Kunci Jawaban soal ini yang paling tepat adalah D.
Indikator  : Menyusun kata-kata menjadi kalimat.
Indikator soal   : Disajikan 8 kata-kata yang diacak, siswa dapat menentukan susunan kata-kata yang tepat untuk membentuk kalimat kompleks yang benar

Soal nomor 47.
47. Arrange these words into a meaningful sentence.
Mr. Hakim – the car – yesterday – I – seen – have – which – bought
1 2 3 4 5 6 7 8
A.  4, 5, 6, 2, 1, 7, 3, 8
B.  4, 6, 5, 2, 7, 1, 8, 3
C.  4, 1, 5, 2, 7, 8, 3, 6
D.  4, 8, 2, 7, 6, 5, 1, 3
Kunci Jawaban : B
Pembahasan  : Ada kata-kata di soal yang bila dalam kalimat pasti dalam posisi berurutan yaitu kata have dan kata kerja ketiga seen (have seen). Berdasarkan aturan ini maka pilihan jawaban soal di atas yang palingbenar adalah D.
Indikator  : Menyusun kata-kata menjadi kalimat.
Indikator soal : Disajikan 8 kata-kata yang diacak, siswa dapat menentukan susunan kata-kata yang tepat untuk membentuk kalimat majemuk yang benar.
Soal 48
48. Arrange these words into a meaningful sentence.
The game – did – his brother – won – Rido – easily – and – so
1                    2           3              4          5          6          7        8
A.  5, 2, 1, 4, 6, 8, 7, 3
B.  5, 7, 3, 1, 4, 6, 2, 8
C.  5, 4, 1, 6, 7, 8, 2, 3
D.  5, 1, 4, 6, 8, 7, 3, 2
Kunci Jawaban : CPembahasan  : Kalimat di atas memakai kata and dan so. Ini adalah ciri kalimat majemuk.Karena kalimat ini memakai pola and so, maka pola adalah and so +kt. Bantu + subjek kalimat kedua. Berdasarkan aturan ini maka pilihan jawaban soal di atas yang paling benar adalah C.
Indikator  : Menyusun kata-kata menjadi paragraph linier.
Indikator soal   : Disajikan 8 kalimat yang diacak, siswa dapat menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membentuk paragraph atau teks yang padu
Soal 49
49. Rearrange the following sentences into a coherent paragraph or text.

  1. The Royal Mint makes the coins used as money.
  2. Newton joined the Royal Mint in London in 1696.
  3. Three years later he became Master of the Mint and a rich man, but he never married, and he lived simply.
  4. Two years later he was knighted Sir Isaac Newton by Queen Anne.
  5. In 1703 Newton became president of the Royal Society.
  6. He also kept up his argument with Leibniz.
  7. For the rest of his life he was in charge of the Royal Mint.
  8. Newton was now 57 years old.
  9. Isaac Newton died in London on March 20, 1727, at the age of 85.

A.  2-1-3-6-7-4-5-9-8
B.  2-1-7-8-3-5-6-9-5
C.  2-1-3-8-7-6-5-4-9.
D.  2-3-1-7-8-5-6-9-4
Kunci Jawaban : CPembahasan  : Kalimat di atas terdiri atas kalimat-kalimat yang dijelaskan dan kalimat yang menjelaskan. Bila kita menjodohkan dua-dua antara kalimat yang dijelaskan dan yang menjelaskan maka susunan jawaban C menjadi yang paling tepat. Selain cara ini kita juga melihat urutan tahun kejadiannya. Berdasarkan aturan ini maka pilihan jawaban yang paling benar adalah C.
Indikator  : Menyusun kata-kata menjadi paragraph linier.
Indikator soal   : Disajikan 6 kalimat yang diacak, siswa dapat menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membentuk paragraph atau teks yang padu
Soal 50.
50. Arrange the sentences below into a coherent paragraph.

  1. It is estimated that it has been cut off from the main land for perhaps 80 million years. It is estimated that it has been cut off from the main land for perhaps 80 million years.
  2. Madagascar is an island 250 miles off the coast of Africa.
  3. The island today is a refuge for many forms of life that have become rare or extinct in other parts of the world.
  4. For example, up to 80 percent of Madagascar’s plant species are unique to the island.
  5. In addition, about 46 kinds of birds are found nowhere else.
  6. Lemurs, which else where were unable to compete with their larger primate cousins, the monkeys, continue to thrive in the isolation of Madagascar.

A.  2-1-3-4-5-6.
B.  2-3-1-5-4-6
C.  2-4-5-1-6-3
D.  2-6-4-3-1-5
Kunci Jawaban : A
Pembahasan  : Seperti soal sebelumnya, kalimat di atas terdiri atas kalimat-kalimat yang dijelaskan dan kalimat yang menjelaskan. Misalnya kalimat nomor 3 itu pasti yang menjelaskan kalimat nomor 1, bukan kalimat yang lain. Dengan demikian bisa dipastikan pilihan jawaban soal di atas
yang paling benar adalah A.

0 Response to "SOAL PENGAYAAN UN SMP/MTS MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel