Pembahasan Soal UN Bahasa Indonesia SMA 2011/2012

Cermati isi kutipan berikut untuk menjawab soal No.1 dan 2!

(1) Di Indonesia, penderita penyakit batu empedu masih kurang mendapat perhatian serius. (2) Penyakit ini tidak kalah penting dibandingkan dengan penyakit hati lainnya. seperti hepatitis virus kronis, sirosis hati. dan karsinoma hepatoseluler. (3) Padahal, gejala dan kompiikasinya berdampak besar terhadap biaya kesehatan. (4) Di Amerika, biaya pengubatan penyakit ini yang mana termasuk biaya kombinasi penyakit hati menahun, sirosis hati. hepatitis kronis C. dan kelainan pankreas yang menahun. (5) Pengobatan penyakit tersebui mengeluarkan biaya sangat besar.

1. lsi teks tersebut adalah....
A. Kurangnya perhatian masyarakat Indonesia terhadap penderila penyakit batu empedu.
B. Kegagalan masyarakat Indonesia untuk mengatasi penderita penyakit batu empedu.
C. Kewaspadaan masyarakat Indonesia terhadap penderita penyakit batu empedu.
D. Banyaknya penyakit hati yang diderita masyarakat Indonesia.
E. Masalah pengobatan penderita batu empedu di Indonesia.

Jawab: A
Penyelesaian:
Perhatikan paragraf pada soal. Paragraf tersebut adalah paragraf deduktif. Paragraf deduktif adalah paragraf yang letak kalimat utamanya di awal paragraf. lsi teks tersebut terdapat pada kalimat utama.-‘kalimat ke-1: “Kurangnya gerhglian masyarakat Indonesia terhadap penderita Penyakit batu empedu‘.
2. Kalimat yang rancu strukturnya terdapat pada nomor ?
A. 1                   B.  2                 C. 3                    D. 4                    E. 5

Jawab: D. 4
Penyelesaian:
Kalimat yang berstruktur rancu ialah kalimat yang penyusunannya tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Kalimat nomor 4 dalam paragraf tersebut rancu karena terdapat frasa yang dipakai secara tidak tepat_ yaitu " yang mana”. Frasa “yang mana“. “di mana” dalam bahasa Indonesia berfungsi untuk membandingkan.

Paragraf berikut untuk soal nomor 3 dan 4.

Bacalah dengan cermat!
Kinerja Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) teryata masih cukup bagus. Bahkan, produksi TPT naik dibandingkan dengan tahun lalu. Ekspor TPT juga meningkat. Bukan hanya produksi dan ekspor TPT yang meningkat. melainkan investasi di sektor industri TPT juga meningkat. Pasar terbesar ekspor TPT Indonesia adalah AS dengan estimasi naik 2? person dari Uni Eropa.

3. Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf tersabut adalah .....
A. Apa yang mendorong kinerja TPT tetap bagus?
B. Berapa person kenaikan eksporTPT ke Uni Eropa?
C. Mengapa AS menjadi pasar terbesar eksporTPT?
D. Bagaimana kondisi kinerja TPT Indonesia?
E. Mengapa TPT Indonesia tertarik mengekspor ke AS?

Jawab: D
Penyelesaian:
Perhatikan kalimat utama paragraf tersebut. Paragraf ini adalah paragraf deduktif. berarti kalimat utamanya di awal paragraf.
Kalimat utama tersebut tentang kondisi kinerja industri tekstil dan produk tekstil (TPT) yang masih cukup bagus, berarti kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah "Bagaimana kondisi kinerja TPT Indonesia?“.
4. Arti istilah estimasi dalam teks tersebut adalah.....
A. Hasil                                           D. Harapan
B. Target                                          E. Perkiraan
C. Sasaran

Jawab: E
Penyelesaian:
Mencari arti suatu kata dalam suatu wacanal paragraf/kalimat bisa kita lakukan dengan memperhatikan konteks/posisi kata itu dalam wacana/paragraf/kalimat. Kalimatnya: Pasar terbesar ekspor TPT Indonesia adalah AS dengan estimasi naik 27 persen dari Uni Eropa.
Arti istilah estimasi dalam teks tersebut yang tepat adalah perkiraan.
Tajuk berikut untuk mergiawab soal nomor 5 dan 6.
Cermatilah dengan saksama!

Pendidikan yang dulu diperjuangkan mati-matian olah para pejuang kemerdekaan agar seluruh rakyat mendapatkan hak yang sama, ternyata masih milik segolongan orang tertentu. Setiap tahun ajaran baru selalu muncul keganjilan berulang-ulang yakni kebingungan orangtua mencari sekolah untuk anaknya. Ternyata keganjilan itu muncul karena masalah lama belum tuntas. 
Standarisasi sekolah masih belum jelas sehingga menimbulkan kasta-kasta dalam pendidikan. Sistem kasta tersebut membuat para orangtua berlomba-lomba untuk mendapatkan sekolah berkasta tinggi. Bahkan, mereka rela mengeluarkan biaya besar agar anaknya bisa masuk di sekolah favorit. Sementara. banyak siswa yang tidak bisa masuk ke sekolah favorit bukan karena kurang pandai melainkan mereka tidak mampu membayar biaya sekolah yang tinggi. Inilah ironi pendidikan di Indonesia.

5. Opini penulis dalarn tajuk tersebul adalah
A. Seluruh rakyat rnendapatkan hak pendidikan yang sama.
B. Pemerataan pendidikan telah diperjuangkan mati-matian.
C. Pendidikan masih menjadi milik segolongan orang tertentu.
D. Standarisasi pendidikan akan menimbulkan keganjilan.
E. Sekolah berkasta tinggi memerlukan biaya yang tinggi.

Jawab: C
Penyelesaian
Dalam bacaan, dapat ditemukan fakta dan opini (pendapat). Fakta ialah sesuatu yang nyata. dapat diindra. sedangkan opini adalah pendapat seseorang mengenai suatu hal. Fakta itu berbicara berdasarkan realitas (kenyataan). sedangkan opini adalah pendapat, pemikiran, ataupun pendirian. Dari pengertian tersebut maka kebenaran opini bersifat relatif karena mengandung unsur subjekti´Čütas.
Cermati tajuk pada soal.
Opini penulis dapat ditemukan pada kalimat pertama: “Pendidikan masih menjadi milik segolongan orang tertentu".
6. Permasalahan opini dalam kutipan tersebut ditujukan kepada
A. Pemerintah                      D. Orangtua
B. Pendidik                          E. Rakyat
C. Pelajar

Jawab: A
Penyelesaian:
Permasalahan opini dalam kutipan tersebut disampaikan secara implisit. Adapun permasalahannya adalah ironi pendidikan di Indonesia dan kebijakan pendidikan dipegang Pemerintah.

0 komentar

Post a Comment