CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS [PTK] IPA SMP

Berikut ini contoh PENELITIAN TINDAKAN KELAS [PTK] IPA SMP dengan judul “Peningkatan prestasi belajar fisika materi gerak lurus gerak melalui strategi pembelajaran Quantum Teaching dengan media papan luncur pada siswa kelas VII- H  SMPN 1 Baureno tahun pelajaran 2012 - 2013”

BAB I


PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khusunya fisika berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga fisika  bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan (Depdiknas, 2006 : 5). Pendidikan fisika di SMP diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA fisika diarahkan untuk inkuiri  dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.
Pembelajaran Fisika  di SMP Negeri 1 Baureno seharusnya mengaktifkan dan mendorong siswa untuk bekerja secara ilmiah, selama ini pembelajaran IPA di SMPN 1 Baureno  lebih banyak menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Realitas menunjukkan  sebanyak 55 % nilai IPA di kelas VII H dari hasil ulangan harian kurang dari KKM Individu yang ditentukan sekolah  yaitu sebesar 75. Sedangkan rata – rata nilai kelas adalah 74,50. Ini menunjukkan bahwa selama ini prestasi belajar siswa di kelas VII H dalam mata pelajaran IPA  Fisika masih rendah. Hal ini disebabkan kurangnya motivasi dan antusiasme siswa dalam belajar fisika. Sehingga Perlu di terapkan suatu strategi pembelajaran inovatif yang dapat menambah motivasi dan antusiasme siswa dalam belajar IPA.    
 
Salah satu jenis strategi  pembelajaran yang memberikan kesempatan siswa secara aktif berpartisipasi dalam pembelajaran dan menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar  adalah Pembelajaran dengan menerapkan strategi Quantum Teaching. Dalam Quantum teaching,  pembelajaran berusaha mengakomodir setiap bakat siswa atau dapat menjangkau setiap siswa sehingga diharapkan siswa dapat melibatkan seluruh emosinya dalam belajar.
Menurut Bobby De Porter dalam buku Quantum Teaching (dalam Ani , 2003:3)  menjelaskan  Quantum Teaching adalah konsep yang menguraikan cara-cara baru dalam memudahkan proses belajar mengajar , lewat pemaduan unsur seni dan pencapaian-pencapaian yang terarah, apapun mata pelajaran yang diajarkan. Dengan menerapkan quantum teaching dalam pembelajaran IPA diharapkan dapat lebih menggairahkan suasana pembelajaran sehingga siswa lebih termotivasi dalam belajar yang pada akhirnya dapat melejitkan prestasi belajar.
Berdasarkan uraian di atas maka penelitian ini mengambil judul :
Peningkatan prestasi belajar fisika materi gerak lurus gerak melalui strategi pembelajaran Quantum Teaching dengan media papan luncur pada siswa kelas VII- H  SMPN 1 Baureno tahun pelajaran 2012 - 2013


DOWNLOAD PENELITIAN TINDAKAN KELAS [PTK] IPA SMP

0 komentar

Post a Comment