Pembahasan Soal Bahasa Indonesia Mengidentifikasi isi dan bagian suatu paragraf

Indikator UN : Mengidentifikasi Isi Dan Bagian Suatu Paragraf
Indikator Soal : Disajikan sebuah  paragraf, siswa dapat  menentukan gagasan  utama paragraf tersebut.

Soal  1:
Bacalah paragraf berikut!
Di Jawa Timur angka  kematian  ibu (AKI)  meningkat.  Pada 2008, persentase AKI 83,2 per 100.000 kelahiran hidup. Pada 2011 AKI justru 204,3 per 100.000 kelahiran hidup. Meningkatnya  AKI terjadi akibat keterlambatan petugas kesehatan merujuk ke rumah sakit atau puskesmas terdekat. Dokter spesialis kebidanan  dan kandungan di RS Umum dr. Soetomo, mengatakan bahwa  kebanyakan  petugas kesehatan di kelurahan  atau kecamatan  memberi  rujukan ke rumah  sakit pemerintah karena pertimbangan  biaya. Padahal, banyak  rumah  sakit swasta  yang  dilewati  pasien  ketika  dalam  perjalanan menuju rumah sakit pemerintah.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….
A.   Angka kematian ibu di Indonesia menurun tajam
B.   Dokter spesialis kebidanan terlambat  memberi rujukan
C.   Penyebab angka kematian ibu di Jawa Timur meningkat
D.   Pertimbangan biaya mempengaruhi pilihan rumah sakit

Kunci: C
Pembahasan:
Gagasan utama/gagasan pokok/ide  pokok merupakan  pernyataan yang menjadi inti pembahasan. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama dalam setiap paragraf. Letaknya biasa terdapat pada awal atau akhir paragraf. Kalimat utama tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.

Kata kunci:
Di JawaTimur angka kematian ibu (AKI) meningkat. Pada 2008, persentase AKI 83,2 per 100.000 kelahiran hidup. Pada 2011 AKI justru 204,3 per 100.000 kelahiran hidup. Meningkatnya AKI... Kata yang merujuknya: meningkat ....


Soal  2 :
Bacalah paragraf berikut!
Gunung  Merapi merupakan  gunung berapi  teraktif di Indonesia. Gunung  ini terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan ketinggian  2.968 meter  dari permukaan laut. Merapi telah meletus sebanyak lebih dari 80 kali sejak tahun  1000 M. Terakhir, Gunung Merapi meletus  pada  tahun  1997, 2001, 2006, dan  Oktober  2010. Sebagian  besar letusan Gunung Merapi mengakibatkan runtuhnya kubah lava yang mengalir ke bawah. Bahkan, proses ini sering disertai dengan turunnya  asap panas (wedhus gembel) yang kecepatannya bisa mencapai 120 km/jam.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. Akibat letusan gunung berapi
B. Gunung tidak aktif di Indonesia
C. Gunung berapi teraktif di Indonesia
D. Wedhus gembel dari gunung berapi

Kunci : C
Pembahasan :
Gagasan  utama  /  gagasan  pokok/  ide  pokok  merupakan  pernyataan yang  menjadi  inti pembahasan. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama dalam setiap paragraf.  Letaknya biasa terdapat pada awal atau akhir paragraf. Kalimat utama tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.

Kata kunci:
Gunung  Merapi merupakan   gunung berapi  teraktif  di Indonesia.  Merapi telah  meletus sebanyak lebih dari 80 kali sejak tahun 1000 M. Terakhir,  Gunung Merapi meletus pada tahun 1997, 2001, 2006, dan Oktober 2010. Sebagian besar letusan Gunung Merapi mengakibatkan runtuhnya kubah lava yang mengalir ke bawah. Kata yang merujuknya: meletus ....


Soal  3:
Bacalah paragraf berikut!
Jumlah  kunjungan   wisatawan  ke  Taman  Nasional  Tanjung  Puting  ditargetkan  15 ribu orang  per tahun  mulai 2015. Target ini diharapkan  terpenuhi melalui kerja sama menyeluruh  pengampu kepentingan. Tujuan ini bisa tercapai jika masing-masing mau bekerja  sama. Namun  peningkatan kunjungan  wisatawan  tidak boleh  mengganggu tujuan  utama  daerah  konservasi. Wisatawan selama ini didominasi  pelancong manca negara.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….
A. Target jumlah wisatawan
B. Jumlah kunjungan wisatawan
C. Peningkatan kunjungan wisatawan
D. Dominan pelancong manca negara

Kunci : A
Pembahasan :
Gagasan utama/gagasan pokok/ide  pokok merupakan  pernyataan yang menjadi inti pembahasan. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama dalam setiap paragraf.  Letaknya biasa terdapat pada awal atau akhir paragraf.  Kalimat utama tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.

Kata kunci:
Jumlah kunjungan  wisatawan ke Taman Nasional Tanjung Puting ditargetkan 15 ribu orang per tahun mulai 2015. (jumlah kunjungan wisatawan). Target ini …. (kalimat kedua)

0 komentar

Post a Comment