KISI-KISI SOAL UJIAN NASIONAL 2016 SMP/SMK/SMA/PAKET B & C

PERATURAN BADAN STANDAR  NASIONAL TENTANG KISI-KISI SOAL UJIAN NASIONAL UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

Pasal 1

 Kisi-kisi Soal Ujian Nasional adalah acuan dalam  pengembangan   dan perakitan  soal UN yang  disusun  berdasarkan  kriteria  pencapaian  kompetensi   lulusan,  standar  isi, dan kurikulum  yang berlaku.

Pasal 2
 Kisi-kisi  Soal  Ujian  Nasional  disusun  dengan   mempertimbangkan     lingkup   mate.ri yang sama pada Kurikulum  2006 dan Kurikulum  2013.

  
Pasal 3
 Kisi-kisi  Soal  Ujian  Nasional   menggambarkan    kedalaman   dan     keluasan   materi serta  level   kognitif  yang diukur.

Pasal4
 Kisi-kisi  Soal   Ujian   Nasional   untuk   Satuan   Pendidikan   Dasar   dan   Menengah tercantum   dalam   lampiran   dan  merupakan   bagian  yang   tidak   terpisahkan   dari Peraturan BSNP ini.

Dengan diterbitkan kisi-kisi UN 2016 ini banyak dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk mengambil “keuntungan”. Misalnya banyak pihak di luar guru yang mengambil langkah awal dengan membedah kisi-kisi UN dan menyusun soal untuk keperluan Try Out. Bagi Guru yang tidak mau melakukannya untuk membedah kisi-kisi dan menyusun soal akan memilih jalan “membeli” atau sejenisnya. Akibatnya guru masih sering tertinggal oleh pihak lain di luar guru. Ketertinggalan ini disebabkan kurangnya pengetahuan guru dalam membedah kisi-kisi dan kurangnya kemampuan guru dalam menyusun soal dengan baik berdasarkan kisi-kisi yang ada.

Setelah guru mendapatkan kisi-kisi UN 2015/2016 ini, apa yang hendak dilakukan?.Jangan sampai guru telah mendapatkan kisi-kisi tapi tidak memanfaatkan dengan maksimal.

Dengan menggunakan kisi-kisi, penulis soal akan dapat menghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes dan perakit tes akan mudah menyusun perangkat tes.

hasil RALAT Kisi-Kisi Ujian Nasional untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Pendidikan Kesetaraan Tahun Pelajaran 2015/2016

Berikut disampaikan :



Sumber : http://bsnp-indonesia.org/?p=2433

0 komentar

Post a Comment