PERBEDAAN PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, TEKNIK, TAKTIK, DAN MODEL PEMBELAJARAN
Sahabat dalam Pembelajaran kita sering mendengar kata Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik Dan Model, Jadi apa itu semua? apakah semua itu mempunyai perbedaan? oke kita langsung saja baca.
- PENGERTIAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
 
       Pendekatan Pembelajaran: dapat diartikan sebagai titik  tolak  atau  sudut  pandang  kita  terhadapproses pembelajaran,  yang  merujuk  pada  pandangan  tentang terjadinya  suatu  proses  yang  sifatnya  masih  sangat umum,  di  dalamnya  mewadahi,  menginsiprasi, menguatkan,  dan  melatari  metode  pembelajaran  dengan cakupan  teoretis  tertentu.  Dilihat  dari  pendekatannya, 
terdapat dua jenis pendekatan pembelajaran, yaitu:
terdapat dua jenis pendekatan pembelajaran, yaitu:
- pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan
 - pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach).
 
- PENGERTIAN STRATEGI PEMBELAJARAN
 
Strategi  pembelajaran  adalah  suatu  kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan  pembelajaran  dapat  dicapai  secara  efektif  dan efisien. Artinya,  bahwa  strategi  pada  dasarnya  masih bersifat  konseptual  tentang  keputusan-keputusan  yang akan  diambil  dalam  suatu  pelaksanaan  pembelajaran. 
Dilihat dari strateginya, pembelajaran dapat dikelompokkan ke dalam dua bagian pula, yaitu:
1. exposition- discovery learning dan
2. group-individual learning.
Ditinjau dari cara penyajian dan cara pengolahannya, strategi pembelajaran dapat dibedakan antara strategi pembelajaran induktif dan strategi pembelajaran deduktif. Contoh dari strategi pembelajaran adalah strategi cooperative learning dan strategi active learning .
Dilihat dari strateginya, pembelajaran dapat dikelompokkan ke dalam dua bagian pula, yaitu:
1. exposition- discovery learning dan
2. group-individual learning.
Ditinjau dari cara penyajian dan cara pengolahannya, strategi pembelajaran dapat dibedakan antara strategi pembelajaran induktif dan strategi pembelajaran deduktif. Contoh dari strategi pembelajaran adalah strategi cooperative learning dan strategi active learning .
- PENGERTIAN METODE PEMBELAJARAN
 
Metode  Pembelajaran:  dapat  diartikan  sebagai cara  yang  digunakan  untuk mengimplementasikan 
rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, diantaranya:
rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, diantaranya:
- Ceramah
 - Demonstrasi
 - Diskusi
 - Simulasi
 - Laboratorium
 - Debat, dll
 
- TEKNIK PEMBELAJARAN
 
Selanjutnya  metode  pembelajaran  dijabarkan  ke dalam  teknik  dan  gaya  pembelajaran.  Dengan  demikian, teknik  pembelajaran  dapat  diartikan  sebagai  cara  yang dilakukan  seseorang  dalam  mengimplementasikan  suatu metode  secara  spesifik.  Misalkan,  penggunaan  metode ceramah  pada  kelas  dengan  jumlah  siswa  yang  relatif banyak  membutuhkan  teknik  tersendiri,  yang  tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah  pada  kelas  yang  jumlah  siswanya  terbatas. 
Demikian pula, dengan penggunaan metode diskusi, perlu digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang siswanya tergolong aktif dengan kelas yang siswanya tergolong pasif. Dalam hal ini, guru pun dapat berganti -ganti teknik meskipun dalam koridor metode yang sama.
Demikian pula, dengan penggunaan metode diskusi, perlu digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang siswanya tergolong aktif dengan kelas yang siswanya tergolong pasif. Dalam hal ini, guru pun dapat berganti -ganti teknik meskipun dalam koridor metode yang sama.
- TAKTIK PEMBELAJARAN
 
Sementara  taktik  pembelajaran  merupakan  gaya seseorang  dalam  melaksanakan  metode  atau  teknik pembelajaran  tertentu  yang  sifatnya  individual.  Misalkan, terdapat  dua  orang  sama-sama  menggunakan  metode ceramah,  tetapi  mungkin  akan  sangat  berbeda  dalam taktik yang digunakannya. Dalam penyajiannya, yang satu cenderung  banyak  diselingi  dengan  humor  karena memang dia memiliki sense of humor yang tinggi.
- PENGERTIAN MODEL PEMBELAJARAN
 
Model  pembelajaran:   pada  dasarnya  merupakan bentuk  pembelajaran  yang  tergambar  dari  awal  sampai akhir yang disajikan secara khas oleh  guru. Dengan kata lain,  model  pembelajaran  merupakan  bungkus  atau bingkai  dari  penerapan  suatu  pendekatan,  metode,  dan teknik  pembelajaran.  Berkenaan  dengan  model pembelajaran,   mengetengahkan  4  (empat)  kelompok model pembelajaran, antara lain:
1. model interaksi sosial;
2. model pengolahan informasi;
3. model personal-humanistik; dan
4. model modifikasi tingkah laku.
Kendati demikian, seringkali penggunaan istilah model pembelajaran tersebut diidentikkan dengan strategi pembelajaran.
1. model interaksi sosial;
2. model pengolahan informasi;
3. model personal-humanistik; dan
4. model modifikasi tingkah laku.
Kendati demikian, seringkali penggunaan istilah model pembelajaran tersebut diidentikkan dengan strategi pembelajaran.
