Langkah-langkah Instalasi Dapodik 4.0.0

Untuk melakukan instalasi, sebelumnya unduh dahulu installer aplikasi dapodikdas versi 4.0.0 bagi sekolah yang belum  pernah  menginstall  aplikasi  ini,  bisa  mengunduh  langsung  aplikasi  pada  laman  dapodikdas http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/unduh


Untuk mengunduh aplikasi, klik menu “Download Aplikasi” yang terletak di kiri atas laman dapodikdas


Di dalam menu unduhan,  pengguna dapat mengunduh aplikasi versi terbaru, data prefill, video tutorial, formulir, manual, FAQ, dan lain-lain.
Setelah  itu  jalankan  program  setup.exe yang  ada  di  CD/DVD  atau  dari  lokasi  lain  (contoh:  aplikasi  hasil unduhan pada laman dapodikdas). Instalasi  aplikasi akan berjalan dan akan ditayangkan  seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.
Anda sangat disarankan untuk menutup program lainnya sebelum memulai proses instalasi. Hal ini diperlukan agar berkas yang terkait dapat diperbarui tanpa harus booting ulang Komputer Anda.

Tekan tombol [Lanjut >] untuk melanjutkan atau tombol [Batal] untuk membatalkan instalasi.
Jika  Anda  memilih  batalkan  maka  akan  dikonformasi  proses  pembatalan  intalasi,  tekan  tombol  [Yes]  untuk membatalkan instalasi, tombol [No] untuk melanjutkan instalasi.

Jika Anda melanjutkan proses instalasi, maka akan ditampilkan bagian  pemilihan port. Pada pemilihan port ini, Http Port dan Postgres Port akan terisi otomatis. Untuk mengecek kembali portnya, klik tombol [Check Port]agar port tidak bentrok.

Setelah selesai dalam memilih port, setelah Anda klik [Lanjut >]  maka akan tampil form persetujuan seperti pada gambar berikut

Bacalah dengan seksama sebelum menginstall atau menggunakan perangkat lunak ini.Setelah Anda baca dengan seksama dan Anda menyetujui tekan tombol  [Saya Setuju…]  yang berarti Anda setuju dengan ketentuan yang dituliskan dalam lisensi tersebut lalu klik [Lanjut >].Atau tekan tombol [Batalkan] jika Anda tidak setuju.

Setelah proses penginstallan selesai, klik  [Lanjut  >]  dan tunggu hingga proses Konfigurasi Server Dapodikdas selesai.

Tunggu  sampai indikator proses ekstrasi selesai,  setelah itu tekan tombol  [Selesai]  untuk  menutup program instalasi. PENTING: PASTIKAN PENGATURAN WAKTU DAN TIMEZONE KOMPUTER ANDA AKURAT!

sumber : ebook manual dapodik 4.0.0
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel